Skip to main content

K.A.R.M.A

Tulisan kali ini dibuat singkat dan tanpa gambar karena saya bingung gambar apa yang bisa mewakili 'posting' kali ini secara general. Yang pasti tema kali ini cukup mengusik pikiran saya seminggu ini.
Kalian pasti pernah atau bahkan sering mendengar 'karma'. Kalau saya boleh mengartikan karma dengan bahasa saya sendiri, karma adalah suatu keadaan yang merupakan balasan atas perbuatan tiap manusia. Balasan ini bisa negatif dan positif. Akan tetapi, sebutan karma lebih sering untuk hal yang bersifat negatif.
Sebagai contoh, sering kali ketika kita atau orang di sekitar kita ketika mengalami suatu hal buruk lalu berkata, "semoga dia/mereka memperoleh karmanya nanti " atau, " Tuhan tidak tidur, dia/mereka pasti akan memperoleh karmanya nanti".
Dari sedikit celetuk yang sering saya dengar atau mungkin saya sendiri pernah berkata demikian, dapat saya ambil hipotesa kecil mengenai karma, yaitu :
1. Karma adalah balasan atas perbuatan kita.
2. Karma itu pasti, datangnya kapan yang belum pasti.
3. Karma datangnya dari Tuhan.
Saya ingin bertanya, ketika kamu berkata, "semoga dia/mereka mendapat karmanya" apakah kamu juga bersamaan berfikir bahwa keadaan yang kamu alami sekarang adalah karma atas perbuatanmu dulu? :)
Anggap saja kamu tidak akan pernah bisa melihat sisi mata uang logam secara bersamaan, tapi kamu kan bisa melihat mata uang logam dari sisi diameternya. Tidak terlihat semua namun kamu bisa menarik kesamaan dan dua sisi sekaligus.
Anggap juga kamu berdiri 2 meter dari sebuah pintu. Ketika memandang pintu, kamu akan melihat sisi daun pintu yang mengerucut kecil ke dalam? Tapi ketika kami berdiri tepat di bawah pintu, sisi dalam dan luarnya sama kan? :)
Semoga bisa memberi sedikit renungan mengenai sudut pandang atau 'point of view'
Salam,
-BikDei-

Comments

  1. Yak saya bingung :/
    Jadi semua orang pasti mengalami karma gitu kah?

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for your comment

Popular posts from this blog

Budaya Ngopi di Gresik

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta yang lebih gemar ngeteh di wedangan, masyakakat Jawa Timur lebih dikenal dengan kebiasaannya ngopi sembari nyangkruk atau nongkrong di warung kopi.

Mescusuar Sembilangan Madura

Beberapa waktu lalu, ketika saya masih berdomisili di kota Surabaya, saya berkesempatan mengunjungi Mercusuar Sembilangan di Madura. Tepatnya tempat ini berada di Kabupaten Bangkalan, Madura. Akses paling mudah ditempuh melalui jalur darat dengan menyeberang jembatan sekaligus jalan tol Suramadu, yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura. Biaya masuk tol untuk sekali masuk terbilang lumayan mahal menurut saya, yaitu Rp 30.000,- untuk angkutan roda empat atau lebih untuk sekali lewat.  Sehingga ongkos untuk sekali pergi dan kembali dari pulau  Madura yaitu Rp 60.000,-. Lumayan juga kan.

Trip 3 Hari 2 Malam di Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP )

Liburan kemana kamu? Ah..itu pertanyan yang hampir semua orang kantor saya tanyakan ketika saya mengajukan cuti selama lima hari.
" Saya mau ke Kalimantan, mau lihat Orang Utan. " " Again? Ke hutan lagi? Kenapa jauh banget?" Well said. Saya belum pernah lho ke luar negeri, dan yang berkata jauh tadi rata-rata sudah pernah liburan ke luar negeri. Praktisnya, selain waktu dan budget yang disiapkan, langkah awal yang harus saya tempuh adalah memilih agen perjalanan untuk Borneo trip saya kali ini. Beruntung, saya mempunyai seorang teman yang berdomisili di Pangkalan Bun , tempat yang saya akan tuju sekaligus sudah pernah ke Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP ). Beberapa kontak agen mulai saya pilah dan pilih dari rekomendasi teman saya tersebut. Pilihan saya jatuh kepada http://beborneotour.com
Trip yang saya pilih adalah sebuah open trip ke TNTP selama 3 hari 2 malam dimulai pada tanggal 21 s/d 23 September 2016. Karena saya hanya mendaftar untuk diri sendiri jadi…