Skip to main content

Nikmatnya Nasi Krawu Khas Gresik

Beberapa waktu kemarin saya sempat berkunjung ke Kota Gresik, Jawa Timur. Sebuah kunjungan singkat memang, tapi masih bisa menyempatkan diri mencicipi masakan khas kota yang terkenal dengan salah satu merek semennya.

Nasi krawu. Kata orang Gresik sich kurang lengkap kalo pergi ke Gresik tapi belum mencicipi hidangan ini. Akhirnya saya meluncur  warung makan Bu Azza di Jln. Panglima Sudirman No. 83A Gresik yang khusus menyediakan menu nasi krawu.


Nasi krawu terdiri dari nasi pulen yang disajikan di atas daun pisang dengan pilihan berbagai macam lauk seperti : sayatan daging sapi, semur daging, jerohan sapi yang ditambah dengan serundeng , sambal terasi, dan petis ikan/udang. Kebetulan saat itu saya memilih lauk sayatan daging sapi.

Sepintas saya melihat sayatan daging sapinya seperti gudeng Jogja. Daging sapi dipotong besar dan mengikuti arah serat daging. Untuk keseluruhan rasanya gurih dan saya yakin nasi krawu ini mudah cocok di lidah orang Indonesia.

So, jangan lupa nyicipin nasi krawu kalau kalian jalan-jalan ke Gresik. Dijamin gak nyesel :)

Salam,
~BikDei~

Comments

  1. iya enak.km nyicipin nasi krawu yang basah atau kering?

    ReplyDelete
  2. Kelihatannya sanga enak namun sayang daerah gresik dari daerah ku sangat jauh ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for your comment

Popular posts from this blog

Budaya Ngopi di Gresik

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta yang lebih gemar ngeteh di wedangan, masyakakat Jawa Timur lebih dikenal dengan kebiasaannya ngopi sembari nyangkruk atau nongkrong di warung kopi.

Mescusuar Sembilangan Madura

Beberapa waktu lalu, ketika saya masih berdomisili di kota Surabaya, saya berkesempatan mengunjungi Mercusuar Sembilangan di Madura. Tepatnya tempat ini berada di Kabupaten Bangkalan, Madura. Akses paling mudah ditempuh melalui jalur darat dengan menyeberang jembatan sekaligus jalan tol Suramadu, yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura. Biaya masuk tol untuk sekali masuk terbilang lumayan mahal menurut saya, yaitu Rp 30.000,- untuk angkutan roda empat atau lebih untuk sekali lewat.  Sehingga ongkos untuk sekali pergi dan kembali dari pulau  Madura yaitu Rp 60.000,-. Lumayan juga kan.

Trip 3 Hari 2 Malam di Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP )

Liburan kemana kamu? Ah..itu pertanyan yang hampir semua orang kantor saya tanyakan ketika saya mengajukan cuti selama lima hari.
" Saya mau ke Kalimantan, mau lihat Orang Utan. " " Again? Ke hutan lagi? Kenapa jauh banget?" Well said. Saya belum pernah lho ke luar negeri, dan yang berkata jauh tadi rata-rata sudah pernah liburan ke luar negeri. Praktisnya, selain waktu dan budget yang disiapkan, langkah awal yang harus saya tempuh adalah memilih agen perjalanan untuk Borneo trip saya kali ini. Beruntung, saya mempunyai seorang teman yang berdomisili di Pangkalan Bun , tempat yang saya akan tuju sekaligus sudah pernah ke Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP ). Beberapa kontak agen mulai saya pilah dan pilih dari rekomendasi teman saya tersebut. Pilihan saya jatuh kepada http://beborneotour.com
Trip yang saya pilih adalah sebuah open trip ke TNTP selama 3 hari 2 malam dimulai pada tanggal 21 s/d 23 September 2016. Karena saya hanya mendaftar untuk diri sendiri jadi…