Skip to main content

Keadaan dan Masa

keadaan dan masa
hal yang menuntut kita untuk berpisah
terpisah oleh jarak dan waktu
entah sementara atau selamanya
tapi aku tahu
dibalik semua itu
kita menjadi tegar dan kuat


dicuplik dari surat sahabat 31 Januari 2006


Sumber Gambar :  http://goo.gl/aztlZ
Keadaan dan masa.
Kalau boleh saya mengartikan, keadaan adalah suatu kondisi terkini dari seseorang atau beberapa orang yang ikut mengalami.
Sedangkan masa adalah satuan waktu yang kurang begitu jelas batasannya dari mana sampai mana.







Puisi atau sekedar coretan kata-kata bercetak miring di atas, saya ambil dari penutup surat dari salah satu teman terbaik saya. Ya benar-benar surat tulis tangan pada 2006 lalu. Mengapa surat tulis tangan? Padahal sepertinya pada tahun 2006 kami sudah cukup mahir menggunakan surat elektronik (email) dan berbagai akun jejaring sosial (social media) yang booming waktu itu.

Pada masa itu, saya dan si teman berpisah. Memang tidak terlalu jauh jaraknya (dalam arti sebenarnya/realitas) dan kami berjanji untuk saling berskirim surat. Bisa diketik atau tulis tangan. Jadikan surat-surat itu buku harian (diary) yang akan dibaca teman lain dan dikirim balasannya. Dan hal itu intens saudara-saudara!! Hampir tiap minggu kami bersurat-suratan dan saya sebagai orang yang ada di Solo bertugas mengambil surat, membagikan surat-surat ke teman-teman lain, dan nagih balasan dari teman-teman lain. 

Sekarang sudah tidak seperti itu tentu saja, di mana komunikasi menjadi lebih mudah tapi instan.hehe. Keadaan dan masa yang telah berubah. Eits! Tunggu dulu, bukan berarti saya sudah tidak berteman baik dengan teman saya itu. Tapi lebih karena memang 'mungkin' hal seperti itu sudah tidak diperlukan lagi.

Sedikit goresan puisi dan cerita di atas sebenarnya hanya prolog. Ya saya suka bertele tele ya? Tidak langsung menuju ke sasaran apa sebenarnya yang akan dibahas di sini. Tapi jujur, saya suka sekali ketika orang menjadi berpikir. Berpikir mundur, berpikir maju, menerka, menebak, membuat hipotesa, kembali ke detik sekarang, dan menemukan jawabannya.

Kalau anda saya tanya sudah ada berapa keadaan dan masa yang terkenang benar di hati atau pikiran anda? Saya sangat yakin anda tidak mungkin bisa menjawab nilai pastinya. Dan kalaupun anda bisa menyebutkan beberapa, pasti ada juga beberapa lain yang nyelip, ketlisut, atau terlupakan.

Keadaan dan masa itulah yang akhirnya menggiring manusia untuk selalu berubah. Entah berubah menjadi lebih baik atau berubah menjadi lebih buruk. Satu hal yang pasti, "perubahan itu yang sesuai dengan keadaan dan masa yang sedang dijalani" Ebik Dei_ 2012.

Everyone changes. Everyone makes changes. 
Nothing is eternal. The eternal is change itself.

Silahkan anda semua berubah sesuai dengan keadaan dan masa anda. Tapi tetap selalu gunakan hati anda. Kenapa hati? Karena mungkin logika selalu bisa menentukan mana yang benar atau tidaknya. Tapi hati mungkin bisa membantumu menuju apakah hal itu baik atau tidak.
Selamat pagi dan menikmati kopi.


Salam,
~BikDei~



Comments

  1. Tetep kudu bayar royalti kata ketlisut ke aku lho ya :D

    ReplyDelete
  2. bisa minta tolong tunjukan nomer pendaftaran HAKI nya?:)))

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bagus ijin nyimak nih gan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa minta tolong dijelaskan di mana sisi bagusnya gan?

      Delete

Post a Comment

Thanks for your comment

Popular posts from this blog

Trip 3 Hari 2 Malam di Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP )

Liburan kemana kamu? Ah..itu pertanyan yang hampir semua orang kantor saya tanyakan ketika saya mengajukan cuti selama lima hari.
" Saya mau ke Kalimantan, mau lihat Orang Utan. " " Again? Ke hutan lagi? Kenapa jauh banget?" Well said. Saya belum pernah lho ke luar negeri, dan yang berkata jauh tadi rata-rata sudah pernah liburan ke luar negeri. Praktisnya, selain waktu dan budget yang disiapkan, langkah awal yang harus saya tempuh adalah memilih agen perjalanan untuk Borneo trip saya kali ini. Beruntung, saya mempunyai seorang teman yang berdomisili di Pangkalan Bun , tempat yang saya akan tuju sekaligus sudah pernah ke Taman Nasional Tanjung Puting ( TNTP ). Beberapa kontak agen mulai saya pilah dan pilih dari rekomendasi teman saya tersebut. Pilihan saya jatuh kepada http://beborneotour.com
Trip yang saya pilih adalah sebuah open trip ke TNTP selama 3 hari 2 malam dimulai pada tanggal 21 s/d 23 September 2016. Karena saya hanya mendaftar untuk diri sendiri jadi…

Budaya Ngopi di Gresik

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta yang lebih gemar ngeteh di wedangan, masyakakat Jawa Timur lebih dikenal dengan kebiasaannya ngopi sembari nyangkruk atau nongkrong di warung kopi.

Kepercayaan dan pengharapan bagi etnis Tionghoa

Surabaya, Oktober 2016
Kota Surabaya dengan berbagai etnis yang mendiaminya adalah tempat dimana saya berdomisili saat ini. Selain Kota Solo, Surabaya dan berbagai hal yang berada di dalamnya telah melekat dan mempunyai tempat tersendiri di hati saya.
Tak diragukan lagi, bila etnis Tionghoa menjadi dominan di Kota Pahlawan ini. Hampir sama kasusnya bila dibandingkan dengan Kota Semarang. Bila sebelumnya saya pernah menulis notes facebook  mengenai steriotipe yang saya alami langsung terhadap orang-orang etnis Tionghoa yang saya jumpai di Surabaya, kali ini saya akan menceritakan pengalaman sekaligus kekaguman saya terhadap etnis yang sangat dikenal sebagai pedagang ini. Hehe.